Minggu, 10 Juni 2012

MENGATASI MIO TIMBUL LETUSAN-LETUSAN KECIL 

E-mail Print PDF
User Rating: / 0
PoorBest 
Dreb dub dub dub, itu yang paling sering muncul saat akhir deceleration, dimana posisi handgrip akan ditutup macam keperluan saat menurunkan kecepatan. Buat cewek atau pengendara yang cuman tahunya pakai dan parkir, jelas problem ini akan mengganggu sekali, lantaran khawatir komponen mesin ada yang tak beres.

Dan problem ini mirip sekali dengan busi yang waktunya ganti, tapi sebenar nya bukan. Jadi percuma saat dilakukan penggantian busi tak akan menyelesaikan masalah.

Ronald dari bengkel AJM di kawasan Rungkut Kidul Industri, Surabaya sukses menemukan solusi untuk memecahkan masalah ini. Pemicu problem diusut ternyata dari perangkat Air Induction System, sebuah perangkat yang bertugas sebagai pengatur injeksi udara ke lubang buang bersamaan dengan mesin hidup.

Posisi nya berada di bawah tangki, jadi untuk menjangkau nya mesti bodi dibongkar lebih dulu. “Orang rumahan pasti bisa mengatasi nya, sebab tak berkiatan dengan bongkar pasang komponen mesin,”yakin Ronald.

Letusan kecil-kecil ini ditimbulkan dari terlalu lebar nya bukaan stoper daun membran perangkat AIS. Sehingga, saat kevakuman menurun yang semestinya daun membran menutup, tapi udara masih mengalir diinjeksikan ke lubang buang. “Dan bertemunya gas segar yang ikut terbuang dengan udara ini, menimbulkan pembakaran dan keluar knalpot suara nya mirip letusan kecil-kecil,”beber Ronald.

Untuk mengatasinya, cukup rapatkan stoper daun membran, hingga menjadi 1,5 mm – 2 mm. “Cukup tekan dengan obeng, atau lepas dulu dan tekuk dengan tang jepit, ”saran Ronald. “Dan rakit kembali komponen klem, slang, daun membran, stoper daun membrane, serta cover
daun membran nya, ”lanjut nya. | pid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar